Tips Berkendara yang Aman dan Nyaman Menggunakan Rental Motor Di Bali

Posted on

Apabila Anda sudah memutuskan untuk memilih jasa rental motor di Bali, saatnya Anda menyimak tips berkendara amana dan nyaman. seperti yang diketahui, jalanan Bali memang cukup menantang dengan kombinasi gang sempit di perkotaan dan jalanan lebar, mulus berkelok di kawasan pegunungan. Anda pun dituntut mahir untuk dapat merasakan sensasi berkendara yang sesungguhnya di trek semacam ini.

Pada dasarnya, teknik dasar mengendari motor menggunakan keseimbangan, koordinasi tangan dengan kaki serta kemampuan mempertahankan fokus selama di perjalanan. Nah, agar sewa motor di Bali menjadi optimal, silakan simak tips bermotor yang aman dan nyaman berikut;

SIM C.

Meskipun syarat sewa motor di Bali tidak menuntut Anda memiliki SIM C, namun sebagai wujud ketaatan Anda pada aturan, sebaiknya Anda juga mendapat izin dari otoritas berwenang. Selain SIM, pastikan juga surat-surat motor tersebut lengkap karena razia sepeda motor sering terjadi di jalanan utama Bali. Selalu simpan kontak rental motor Bali berikut bukti sewanya seandainya terjadi masalah.

Helm

Untuk melindungi Anda dari hal yang tidak diinginkan di jalan, selalu gunakan helm sesuai standar ketika berkendara. Tak hanya di jalanan Bali, dimanapun Anda berkendara sepeda motor akan selalu lebih aman jika Anda mengenakan helm mengingat sepeda motor tida akan memberi perlindungan pada Anda sama sekali ketika terjadi kecelakaan seperti pada mobil.

Keseimbangan dan Kuda-Kuda

Sepeda motor sangat mengandalkan keseimbangan Anda ketika sudah mulai berjalan. Selain itu, selalu pastikan salah-satu kaki senantiasa sigap menapak ketika berjalan dalam kecepatan rendah. Koordinasi tangan dan kaki serta refleks yang baik juga akan sangat menentukan.

Perhatikan Jalanan

Pasir menjadi halangan pengendara motor sebab dapat memicu ban selip serta menghilangkan keseimbangan sepeda motor. Seandainya sebaran pasir di jalanan tidak dapat dihindari, usahakan melintas secara perlahan. Begitu pula dengan lubang yang juga banyak ditemukan di jalanan Bali. Usahakan untuk tetap melaju lurus namun dengan mengurangi kecepatan.

Cuaca

Hujan dan jalanan yang basah cukup sering terjadi di Bali terutama jika sudah memasuki musimnya. Usahakan mengurangi kecepatan jika terpaksa berkendara motor di tengah hujan. Aspal yang licin selain halnya membuat kendali sepeda motor menjadi lebih sulit juga menyimpan resiko lain yang tak terlihat. Maka dari itu, usahakan kurangi kecepatan dan tingkatkan kewaspadaan. Rental motor di Bali pada umumnya sudah melengkapi layanannya dengan jas hujan.

Sementara di saat panas, Anda sebaiknya juga memanfaatkan keberadaan pohon yang ada di jalan sebagai tempat berteduh. Pastinya Anda tidak ingin berpanas-panasan di lampu merah yang bisa saja memakan waktu cukup lama.

Utamakan Selamat

Meskipun kemampuan berkendara sepeda motor Anda sudah mahir, namun belum tentu dengan pengendara lain yang ada di jalanan. Maka dari itu, kewaspadaan Anda di jalanan dan memprediksi pergerakan dan tindakan orang lain akan sangat menguntungkan. Setelah Anda mampu menganalisa kondisi jalanan, utamakan keselamatan, bukan siapa yang benar.

Membawa Kain Pantai

Kain yang satu ini bisa dibilang multifungsi. Bisa digunakan sebagai alas duduk saat ingin berhenti di suatu tempat, kain ini juga bisa digunakan sebagai penutup yang melindungi kulit dari panasnya sinar matahari.

Demikianlah beberapa tips aman dan nyaman untuk berkendara di jalanan Bali. Selamat berkendara.