Pahami Macam Macam Istilah Pelanggaran dalam Sepak Bola yang Sering Digunakan

Posted on

Prediksi Sepakbola – Sepak bola merupakan salah satu olahraga paling kondang di semua dunia. Setidaknya terkandung beberapa cabang olahraga sepak bola yang paling banyak dimainkan di dunia. Namun, seringkali olahraga yang paling banyak diminati oleh kaum pria ini rentan untuk berlangsung pelanggaran. Dalam setiap permainan sepak bola, pasti ada saja pelanggaran yang dilaksanakan oleh pemain, baik yang disengaja maupun yang tidak.

Dalam dunia sepak bola, terkandung istilah-istilah spesifik yang digunakan untuk setiap type pelanggaran yang dilakukan. Kebanyak istilah yang digunakan adalah istilah bahasa Inggris yang kemudian diterjemahkan ulang ke didalam bahasa Indonesia. Berikut adalah macam-macam istilah jenis pelanggaran didalam sepak bola yang penting untuk diketahui, khususnya bagi para fans olahraga ini.

1. Foul

Foul adalah istilah bahasa Inggris untuk pelanggaran. Istilah ini digunakan secara umum untuk menyebut pelanggaran tanpa menyebutkan type pelanggaran apa yang dilakukan. Di didalam permainan sepak bola di Indonesia, istilah foul juga kerap digunakan dikala menyebutkan pelanggaran. Artinya secara harfiah mirip saja dengan pelanggaran.

2. Direct Free Kick (Tendangan Bebas Langsung)

Direct free kick atau tendangan bebas langsung adalah istilah yang digunakan untuk konsekuensi ada pelanggaran yang dilakukan. Tendangan bebas diberikan wasit kepada tim lawan akibat terjadinya pelanggaran layaknya menyentuh bola (handsball), sengaja menghalang-halangi pemain tim lawan, dan lain-lain. Pada kondisi ini, tim lawan merupakan pihak yang paling diuntungkan gara-gara mereka berkesempatan untuk mempraktekan langsung teknik basic menendang bola didalam sepak bola yang tim mereka kuasai. Kesempatan untuk mencetak goal juga memadai besar.

3. Indirect Free Kick (Tendangan Bebas Tidak Langsung)

Sama halnya dengan tendangan bebas langsung, indirect free kick atau tendangan bebas tidak langsung juga istilah yang digunakan untuk konsekuensi berasal dari sebuah tindakan pelanggaran yang terjadi. Penyebab berasal dari tendangan tidak langsung yakni tindak pelanggaran layaknya jalankan permainan yang membahayakan pemain lain, offside, berusaha menghalang-halangi penjaga gawang atau kiper, dan lain-lain.

4. Disciplinary Action (Tindakan Disiplin)

Istilah pelanggaran didalam sepak bola yang seterusnya adalah disciplinary action atau tindakan disiplin. Tindakan disiplin diberikan oleh wasit atas pelanggaran yang dilakukan. Tindakan disiplin ditentukan sesuai dengan type pelanggaran dan ketetapan yang ditetapkan didalam sepak bola.

5. Penalty Kick (Tendangan Penalti)

Sama halnya dengan tendangan bebas langsung dan tidak langsung, tendangan penalti atau penalty kick adalah tidak benar satu type konsekuensi yang diberikan wasit kepada tim lawan akibat terjadinya suatu pelanggaran. Penyebab terjadinya tendangan penatli yakni sekiranya berlangsung pelanggaran berasal dari tim bertahan, seperti handsball, permainan dan tindakan yang kasar dan tidak sopan, dan lain-lain. Agar tidak berlangsung kekeliruan lanjutan, lakukan teknik shooting sepak bola yang benar. Dengan jalankan teknik shooting yang benar, setidaknya mampu meminimalisir terjadinya pelanggaran lainnya.

6. Handsball

Handsball merupakan istilah pelanggaran didalam sepak bola yang digunakan dikala pemain atau kiper jalankan sentuhan pada bola pakai tangan atau dikala bola menyentuh lengan, pergelangan tangan, dan lengan atas pada kala bola tengah dimainkan. Ini disebut sebagai pelanggaran oleh wasit dan membuahkan konsekuensi atau hukuman.

Sponsors Link

7. Yellow Card (Kartu Kuning)

Istilah umum yang digunakan wasit dikala pemain jalankan pelanggaran ringan. Kartu kuning miliki arti sebagai peringatan akibat terjadinya pelanggaran ringan. Di didalam sebuah pertandingan sepak bola, pemain cuma boleh terima satu kartu kuning. Lebih berasal dari itu akan dikenakan kartu merah oleh wasit.

8. Red Card (Kartu Merah)

Kartu merah atau red card digunakan oleh wasit kepada pemain yang jalankan kekeliruan kategori berat, layaknya berkata-kata kasar dan tidak sopan pada wasit, bermain curang, dan kedapatan sengaja idamkan menciderai pemain lain. Konsekuensi berasal dari diberikannya kartu merah yakni pemain harus keluar berasal dari arena permainan.

9. Spitting (Meludah)

Spitting  adalah istilah pelanggaran yang dilaksanakan oleh pemain dengan langkah meludahi pemain lainnya berasal dari tim lawan. Tindakan ini dianggap sebagai pelanggaran dan akan memicu diberikannya sangsi atau hukuman kepada pemain yang jalankan tindakan tersebut.

10. Pushing (Mendorong)

Istilah pelanggaran yang berlangsung dikala seorang pemain dengan sengaja mendorong pemain berasal dari tim lawan. Tindakan ini juga ke didalam permainan tidak sportif yang akan berakibat pada tindakan disiplin atau sangsi oleh wasit.

11. Swearing (Berkata Kasar)

Istilah pelanggaran yang diberikan oleh wasit kepada pemain yang berkata-kata kasar kepada wasit maupun pemain berasal dari tim lawan. Tindakan ini berakibat pada tindakan disiplin dan peringatan.

12. Dangerous Play (Permainan Berbahaya)

Dangerous play merupakan istilah yang digunakan untuk tidak benar satu type pelanggaran yang dilaksanakan oleh pemain. Pelanggaran ini berlangsung dikala pemain sengaja jalankan permainan yang mampu membahayakan pemain lainnya, layaknya menerjang, memukul, atau mengupayakan menekel pemain lain (dari tim lawan) yang mampu memicu cidera fisik yang serius.

13.  Foul Throw

Merupakan istilah pelanggaran sepak bola yang berlangsung dikala jalankan kekeliruan didalam jalankan lemparan bola. Disebut sebagai pelanggaran dikala pemain berikut melempar bola dengan pakai ke dua tangannya pada kala bola itu keluar berasal dari lapangan. Lemparan bola diberikan wasit kepada tim lawan.

14. Diving

Diving adalah istilah didalam permainan sepak bola yang digunakan dikala tidak benar satu pemain berpura-pura terjatuh, diserang, dan disakiti oleh pemain berasal dari tim lawan walau secara faktanya tidak berlangsung kontak fisik. Tujuannya yakni untuk membohongi wasit agar tim lawan dikenakan sangsi atau hukuman.

15. Obstruction

Istilah pelanggaran didalam sepak bola untuk menyebutkan tindakan pemain yang mengupayakan untuk menghalang-halangi pemain lawan dengan pakai bagian tubuhnya, layaknya mendorong, menyenggol kasar, menarik pemain lawan, dan lain-lain.

16. Professional Foul

Istilah yang digunakan untuk menyebutkan pelanggaran yang dilaksanakan secara sengaja oleh pemain untuk menghindari terjadinya kekalahan berasal dari tim lawan. Konsekuensi berasal dari tindakan ini yakni diberikannya kartu merah oleh wasit.

17. Tackling

Istilah tackling digunakan untuk menyebutkan type pelanggaran yang sengaja dilaksanakan oleh seorang pemain kepada pemain lainnya berasal dari tim lawan dengan langkah menekel. Kebanyakan pemain yang jalankan ini untuk mencurangi pemain lawan. Jika idamkan memenangkan permainan dengan langkah adil, semua pemain dikehendaki untuk menggunakan strategi permainan sepak bola yang benar dan sesuai aturan.

18. Unsporting Behaviour (Tindakan Tidak Sportif)

Unsporting behaviour atau tindakan tidak sportif adalah tindakan yang dilaksanakan oleh seorang pemain kepada pemain lainnya berasal dari tim lain. Tindakan tidak sportif mampu berwujud macam-macam dan konsekuensinya juga disesuaikan dengan type tindakan pelanggaran yang dilakukan.

19. Offside

Offside adalah istilah yang digunakan dikala satu pemain atau lebih terima bola umpan berasal dari pemain lawan kala berada lebih dekat berasal dari garis gawang tim lawan.

20. False Start

Istilah pelanggaran didalam sepak bola yang digunakan dikala pemain gelandang berasal dari tim penyerang jalankan tindakan merebut bola berasal dari tim bertahan dengan gerakan cepat dan mendadak.

21. Holding-Offensive (Memegang Bola-Pemain Tim Penyerang)

Istilah pelanggaran didalam sepak bola yang digunakan dikala pemain berasal dari tim penyerang jalankan pelanggaran berwujud menyentuh atau memegang bola pakai tangan, lengan, dan bagian tubuh lainnya untuk menghindari pemain berasal dari tim bertahan menekel/merebut bola.

22. Holding-Defensive (Memegang Bola-Pemain Tim Bertahan)

Istilah yang digunakan dikala pemain berasal dari tim bertahan jalankan pelanggaran berwujud memegang atau menghambat pemain berasal dari tim penyerang (yang tidak tengah memainkan bola).

23. Delay of Game (Mengulur-ulur Waktu Permainan)

Istilah pelanggaran didalam sepak bola yang paling akhir yaitu delay of game di mana pemain sengaja jalankan tindakan yang bertujuan untuk mengulur-ulur kala permainan.

Demikianlah macam macam istilah pelanggaran didalam sepak bola yang kerap digunakan. Istilah-istilah yang digunakan memadai banyak ragam dan kebanyakan pakai bahasa Inggris. Apakah Anda terasa familiar dengan istilah-istilah yang digunakan? Dari istilah-istilah pelanggaran tersebut, apa saja yang paling kerap Anda dengar?