Mau bikin proposal kegiatan? Pastikan ada unsur-unsur ini!

Posted on

Proposal Kegiatan – Pernahkah anda mengikuti organisasi? Jika iya, tentu anda nggak asing kembali dengan kata yang satu ini. Proposal adalah sebuah rancangan yang dituangkan di dalam bentuk rancangan kerja, perencanaan secara sistematis, masak dan teliti yang dibuat oleh orang atau organisasi yang idamkan menyelenggarakan suatu kegiatan. Kali ini, kami bakal mengupas apa saja yang harus ada di dalam sebuah proposal. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Nama kegiatan (Judul)

Nama kegiatan/judul acara yang bakal dilakukan harus tercantum di dalam judul proposal.

2. Latar belakang

Latar belakang proposal berisi pokok-pokok anggapan dan alasan perlunya diadakan kegiatan tertentu. Latar belakang ini sangat penting, dikarenakan orang-orang umumnya idamkan paham kenapa sebuah acara penting untuk dilakukan.

3. Tujuan kegiatan

Penyusunan proposal harus merumuskan target sedemikian rupa supaya target yang bakal dicapai dan nilai malah yang diperoleh sanggup dirasakan oleh pembaca proposal. Oleh dikarenakan itu, target harus dijelaskan supaya lebih sanggup nampak manfaatnya.

Lihat Juga : Contoh Proposal Kegiatan

4. Tema

Tema adalah perihal yang mendasari kegiatan itu.

5. Sasaran/peserta

Penyusun proposal harus menentukan secara tegas siapa yang bakal dilibatkan di dalam kegiatan tersebut.

6. Tempat dan waktu kegiatan

Dalam proposal harus dituliskan secara paham kapan dan di mana kegiatan bakal dilaksanakan.

7. Kepanitiaan

Penyelenggara atau susunan panitia harus dicantumkan di dalam proposal dan ditulis secara rinci.

8. Rencana anggaran kegiatan

Penulis proposal harus menyusun anggaran cost yang logis dan realistis, serta perhatikan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran.

9. Penutup

Waktu menulis proposal, sebaiknya isinya diatur urut sesuai dengan yang telah ditentukan. Dengan begitu, proposalmu lebih enteng terbaca. Nah, memadai menarik, kan? Selamat coba untuk membawa dampak sebuah propo