Jenis-Jenis Lighting Panggung Bagian II

Posted on

Jenis-Jenis Lighting Panggung Bagian II

Sewa Lighting Panggung Jakarta – Jika Anda bekerja dalam penyelenggaraan konser, teater atau acara bertajuk panggung, maka tentunya Anda membutuhkan berbagai peralatan untukĀ  mendukung acara tersebut termasuk lighting panggung. Bila Anda baru pertama kali mencoba untuk menyelenggarakan acara konser secara komersil dengan bintang papan atas tanah air tentunya Anda membutuhkan peralatan lighting panggung terbaik. Sebelum beli lighting panggung yang Anda butuhkan, perhatikan dengan baik jenis lighting panggung sebagaimana di bawah ini:

Moving Head

Merupakan salah satu atau bahkan jenis lampu yang paling sering kita lihat selain PAR. Lampu ini memiliki kepala yang bisa digerakan karena ada motor di dalamnya yang dapat mengatur arah, psisi juga kecepatan gerakan.

Scanner

Merupakan semua fixture yang memiliki fungsi serupa sebagaimaan moving head, yakni menembakan cahaya yang bergerak ke semua arah. Namun berbeda halnya dengan moving head, scanner ini tidak benar-benar mampu untuk menggerakan kepala lampu namun mampu menggerakan cermin yang selanjutnya akan memantulkan cahaya yang ditembakan langsung kepadanya. Dan karena yang akan digerakan hanyalah cermin maka scanner biasanya bisa memantulkan cahaya dengan lebih cepat namun memiliki beam angle yang jauh lebih sempit dan umumnya jauh lebih murah.

Follow Spot

Merupakan fixture yang mampu untuk menembakan cahaya dengan besaran output besar yang memungkinkannya untuk dioperasikan baik secara manual oleh penanggung jawab lighting. Umumnya follow spot ini dipakai untuk dapat menyorot objek tertentu di panggung sehingga seluruh penonton bisa focus di objek yang disorot.

Proyektor

Merupakan seluruh fixture yang berfungsi untuk memproyeksikan gambar atau animasi yang bisa diubah-ubah tidak terkecuali di dalamnya merupkan proyektor gobo serta laser.

Decorative

Merupakan fixture dekoratif yang umumnya akan mengacu pada seluruh fixture yang berperan dengan baik sebagai dekorasi jadi lebih mudah untuk menghidupkan sausana. Sementara itu, lighting dekoratif ini dapat berupa apa saja serta mnul dari sejumlah bentuk.

Dan itulah beberapa jenis dari lighting panggung yang umumnya digunakan oleh para profesional untuk dapat mengerjakan pekerjaan yang sudah menjadi tanggung jawabnya.