5 Cara Meracik Cuka Apel untuk Obat Batuk Alami

Posted on

Jual Cuka Apel – Saat terkena batuk, jangan dulu terburu-buru minum obat untuk meredakan gejalanya. Ada banyak obat batuk alami yang mampu Anda coba racik sendiri di rumah, sudah pasti tak kalah manjur di dalam menyembuhkan batuk. Salah satunya adalah bersama dengan menyita kegunaan cuka apel. Bagaimana langkah penggunaannya?

Cara meracik obat batuk alami bersama dengan kegunaan cuka apel
Untuk meraup kegunaan cuka apel, bikin sendiri obat batuk alami di rumah bersama dengan langkah berikut ini.

1. Diminum langsung

Beberapa dokter memberi saran cuka apel sebagai obat batuk alami. Tanpa campuran bahan lainnya, Anda mampu minum cuka apel secara langsung untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Kandungan asam asetat pada cuka apel punyai pembawaan antimikroba, yaitu mampu membunuh patogen yang mengakibatkan infeksi bakteri atau virus penyebab batuk. Khasiat ini sama layaknya selagi Anda minum lemon atau jus nanas yang ampuh meredakan gatal tenggorokan akibat batuk.

Campurkan dua sendok cuka apel ke di dalam segelas air, lalu minum secara perlahan. Minum dua kali sehari supaya batuk Anda langsung reda.

2. Cuka apel campur madu

Bagi Anda yang tidak kuat bersama dengan rasa dan bau cuka apel yang menyengat, Anda mampu mencampurkannya bersama dengan madu supaya rasanya lebih manis. Penny C. Royal, seorang herbalis sekaligus penulis Herbally Yours, mengutarakan kepada Livestrong bahwa paduan bahan alami ini menambahkan perlindungan ganda pada sistem kekebalan tubuh Anda untuk melawan batuk.

Bahkan, Dr. James M. Steckelberg berasal dari Mayo Clinic menyebutkan bahwa efektivitas madu sama seperti dextromethorphan, keliru satu obat batuk yang dijual bebas di pasaran. Siapkan segelas air, lalu masukkan 2 sdm (sendok makan) cuka apel dan 1 sdm mentah. Minum obat batuk alami ini dua kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.

3. Cuka apel campur air jahe

Jahe adalah keliru satu obat batuk alami yang manjur. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada American Journal of Respiratory Cell plus Molecular Biology th. 2013, zat alami pada jahe mampu mengendurkan otot-otot halus di saluran napas, supaya menunjang mengalirkan dahak yang tersangkut di tenggorokan.

Itulah mengapa cuka apel terlalu baik dikombinasikan bersama dengan air jahe supaya khasiatnya menjadi lebih maksimal. Caranya, campurkan 2 sdm cuka apel dan 1 sdt teh bubuk jahe ke di dalam segelas air. Minum sebanyak dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Kalau Anda tidak kuat bersama dengan rasa pedas berasal dari jahe, tambahkan satu sendok makan madu supaya rasanya lebih enak.

4. Sirup cuka apel

Supaya obat batuk alami yang Anda bikin semakin manjur, Anda mampu mengkombinasikan seluruh bahan alami di atas untuk mengakibatkan sirup cuka apel. Caranya:

Campurkan 1/4 sendok teh bubuk jahe dan bubuk cabai ke di dalam 2 sdm air.
Masukkan 1 sdm madu mentah dan cuka apel. Aduk seluruh bahan sampai mengental.
Setiap 3 sampai 4 jam sekali, minum 1 sendok sirup cuka apel ini sampai semuanya habis.
Saat tidak digunakan, simpan sirup cuka apel ini di di dalam botol dan tutup rapat-rapat. Jangan berikan obat batuk alami ini untuk anak di bawah satu tahun, karena berisiko mengakibatkan masalah pencernaan.

5. Minuman cuka sari apel hangat

Bagi Anda yang senang minum minuman hangat selagi batuk, Anda mampu mengakibatkan larutan cuka sari apel hangat. Cara pembuatannya memang sama layaknya selagi Anda mengakibatkan sirup cuka apel di atas. Bedanya, sesudah Anda mengakibatkan sirup cuka apel, campurkan 1 sdm sirup cuka apel ke di dalam 470 mililiter air hangat. Setelah itu, minum sebanyak 2 kali sehari untuk meredakan batuk yang mengganggu.

Yang mesti diperhatikan sebelum akan minum cuka apel
Meskipun kegunaan cuka apel ini efisien untuk menyembuhkan batuk, sebaiknya selamanya konsultasikan dulu ke dokter sebelum akan Anda mencobanya. Pasalnya, cuka apel juga punyai dampak samping layaknya masalah pencernaan, kerongkongan jadi perih, mual, sampai persoalan gigi.

Segera berhenti minum cuka apel dan pergilah ke dokter terdekat terkecuali Anda mengalami:

  • Batuk yang tak kunjung sembuh
  • Demam sepanjang dua hari berturut-turut
  • Batuk disertai serangan asma yang semakin parah

Jangan sesekali berikan anak racikan madu mentah dan cuka apel sebagai obat batuk alami, terutama pada anak di bawah satu tahun. Bukannya menyembuhkan batuk, ini justru mampu tingkatkan risiko botulismekeracunan makanan pada anak. Sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter anak sebelum akan Anda menambahkan cuka apel untuk si kecil.